Nih Gerbang Kebenaran, Pintu Pengetahuan Bagi Para Alkemis

Apa Itu Gerbang Kebenaran (Gate of Truth)?

Gerbang Alkimia/Gerbang kebenaran (Gate of Truth) merupakan sumber dari pengetahuan perihal alkimia. Gerbang tersebut juga merupakan pintu masuk ke dalam wilayah Tuhan yang mana dihentikan dimasuki oleh manusia. Dalam anime versi 2009, gerbang kebenaran digambarkan sebagai sepasang pintu kerikil raksasa yang diukir dengan mural dan bangun di hamparan putih tak terhingga.



Meskipun nampak tidak ada apa-apa, kalau gerbang tersebut dibuka akan menyeret kita ke dalam sebuah dimensi informasi. Digambarkan dengan tangan-tangan hitam dan mata yang akan menyeret insan yang berusaha masuk kesana, ibarat dengan wujud orisinil “ayah” dan Pride.
Setiap alkemis yang melaksanakan transmutasi insan akan dipanggil dan bertemu dengan “kebenaran” sebelum jadinya diseret masuk ke dalam gerbang. Di dalamnya terdapat segala jenis pengetahuan perihal alkimia, dunia dan alam semesta yang akan masuk ke dalam pikiran sang alkemis. Hal ini sanggup menimbulkan stress berat mendalam bagi mereka yang tidak sanggup menahannya.

Namun para alkemis hanya akan memperoleh pengetahuan setara dengan apa yang ia “berikan”. Misal Edward Elric yang kehilangan kaki kirinya mendapat beberapa pengetahuan, namun Alphonse yang kehilangan seluruh tubuhnya mendapat pengetahuan yang jauh lebih banyak daripada Edward. Batu Philoshoper (Kenja no Ishi) merupakan satu-satunya hal yang sanggup menciptakan insan melewati gerbang tanpa harus membayar apapun.

Selain itu bagi mereka yang telah melewati Gerbang Kebenaran dan kembali dengan selamat akan sanggup memakai alkimia tanpa bundar transmutasi. Walaupun nampak sama, namun gesekan di Gerbang Kebenaran ialah berbeda pada setiap orang yang melewatinya. Hal tersebut merupakan cerminan jati diri serta pemahaman mereka terhadap “kebenaran”.
Dalam pecahan 51 terungkap bahwa Homunculus bergotong-royong ialah percobaan gagal dari “ayah” dalam perjuangan untuk menciptakan Gerbang Alkimia demi mengakses semua pengetahuan perihal alkimia. Nampak ketika verbal pada perut Gluttony terbuka akan sangat ibarat dengan Gerbang Kebenaran, bedanya yang ada pada Gluttony hanyalah kehampaan.

Di pecahan 108 dijelaskan bahwa gerbang individu ialah sesuatu yang memungkinkan seseorang untuk memakai alkimia. Gerbang tersebut juga sanggup dipakai sebagai “bayaran” untuk mengambil kembali apa yang telah diambil oleh “kebenaran”, namun ketika itu pula orang tersebut tidak akan sanggup memakai alkimia untuk selamanya ibarat Edward Elric.

Gerbang Kebenaran Versi Anime 2003

Dalam versi anime 2003, Gerbang Kebenaran tetap digambarkan sebagai pintu raksasa yang bangun di hamparan putih tidak terbatas. Namun disini ia mempunyai fungsi yang berbeda, bukannya menjadi sumber pengetahuan, gerbang ini merupakan portal serta sumber dari energi yang dipakai untuk transmutasi.

Dijelaskan bahwa jiwa orang-orang yang telah mati akan menjadi energi dan melewati gerbang tersebut. Ketika seorang alkemis melaksanakan transmutasi, mereka akan mengambil energi tersebut melalui Gerbang Kebenaran dalam dirinya.

Cara Membuka Gerbang Kebenaran

Menurut serial Fullmetal Alchemist, Gerbang Kebenaran hanya sanggup dibuka dengan 3 cara :

  • Melakukan transmutasi insan untuk menyebrang dan memasuki wilayah Tuhan
  • Mengaktifkan bundar transmutasi pada badan bayi, hal ini alasannya ialah bayi tidak mempunyai ikatan berpengaruh antara pikiran, badan dan jiwa.
  • Mengorbankan insan atau Homunculus dalam sebuah bundar transmutasi tertentu.


0 Response to "Nih Gerbang Kebenaran, Pintu Pengetahuan Bagi Para Alkemis"

Posting Komentar